Waduh! Delegasi Ukraina Tinju Wakil Rusia di Turki, Kenapa?

Delegasi Ukraina meninju wajah seorang Oleksandr Marikovski delegasi Rusia di sela-sela pertemuan negara-negara Laut Hitam di ibu kota Turki, Ankara, Kamis (4/5/2023). (Tangakaoan Layar Facebook)

Seorang delegasi Ukraina meninju wajah seorang delegasi Rusia di sela-sela pertemuan negara-negara Laut Hitam di ibu kota Turki, Ankara, Kamis (4/5/2023).

Insiden itu terjadi setelah bendera Ukraina yang tengah dipegang Oleksandr Marikovski, delegasi Ukraina, direbut paksa oleh seorang delegasi Rusia ketika melakukan wawancara.

Marikovski pun langsung mengunggah video dirinya memukul delegasi Rusia di Facebook-nya. Insiden itu terjadi di lorong gedung parlemen, di mana pertemuan Organisasi Kerjasama Ekonomi Laut Hitam (BSEC) diadakan.

Sebelumnya pada hari itu, beberapa delegasi Ukraina bentrok dengan petugas keamanan yang mencoba menarik mereka saat mereka melakukan protes, berteriak, dan memegang bendera mereka di samping delegasi utama Rusia saat dia mencoba berpidato di majelis.

Gambar-gambar itu diunggah oleh parlemen Turki di situs webnya, dan Mustafa Sentop, ketua parlemen, mengeluarkan teguran keras.

“Saya mengecam perilaku yang mengganggu lingkungan damai yang coba dibangun Turki ini,” katanya.

Sementara perwakilan dari 13 negara di BSEC bertemu pada Kamis, drone Rusia terus menyerang ibu kota Ukraina, Kyiv.

Saat ini tidak ada pembicaraan damai untuk mengakhiri perang, yang telah menghancurkan kota-kota Ukraina, menewaskan ribuan orang dan mengusir jutaan orang dari rumah mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*