Terkuak! Isi Chat Swita dengan Korban Asuransi Sinarmas MSIG

Profil Swita Glorite Supit yang ditetapkan sebagai terpidana kasus pemalsuan polis PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG (LIFE). (Tangkapan layar instagram @switagloritesupit)

Isi pesan singkat terpidana kasus pemalsuan polis PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk (LIFE) Swita Glorite Supit terungkap.

Bukti chat antara Swita dengan nasabah diungkap oleh salah satu korban, yaitu JA. JA menjadi nasabah asuransi Sinarmas MSIG lewat Swita sejak 2014. Kala itu ia mengaku Swita datang dan menawarkan produk asuransi dengan berseragam kantor.

“Awalnya aku diperkenalkan oleh saudara saya.jadi sejak kenal itu Swita datang dengan memakai Seragam Sinarmas MSIG. Dengan pakai papan nama MSIG. Dia sebagai Kepala Cabang Sinarmas MSIG di Sulawesi Utara,” ungkapnya kepada CNBC Indonesia, Kamis, (4/5/2023).

Sepanjang waktu berjalan, JA mengaku pembayaran polis lancar ketika sudah jatuh tempo. Baru pada 2019, JA tidak bisa mencairkan dananya yang berjumlah sekitar Rp2,5 miliar.

JA pun menunjukkan isi chat Swita dengannya saat itu.

“Maaf baru kasih kabar, tadi malam Swita sakit kepala, kepala rasanya mau pecah, ada handle ini keterlambatan pencairan beberapa nasabah. Polis anda nanti ditransfer molor lagi tanggal 10 hari Senin,” kata Swita kepada JA, tertanggal 7 Agustus 2020.

Di tanggal yang berbeda, Swita juga sempat mengirim pesan bahwa salah satu alasan keterlambatan transfernya karena petugas keuangan di Jakarta masih Work From Home (WFH), selama pandemi.

“Karena itu finance di Jakarta masih WFH karena ini corona. Kage Cie so kurang tanya-tanya kasiang doi belum maso, jadi sekalian depe pagi jo neh, dari pada swita simobi sama deng tu hari soe sekali,” ungkap Swita dalam bahasa Manado.

JA sangat berharap uangnya bisa kembali. Ia pun menceritakan pengalaman pahitnya harus ditinggal orang tuanya yang saat itu menitipkan uang pensiunnya ke dia. Namun, hingga meninggal, sang mertua tak kunjung mendapat uangnya.

“Uang itu kan Mertua saya punya uang, dia sdh umur 87 tahun, dia Stress sampe Meninggal, 8 bulan lalu ingat2 uangnya ada kelebihan ut masa tuanya,” ungkapnya.

Nama Swita Glorite Supit tengah viral. Pasalnya, dia yang merupakan eks agen pemasaran Sinarmas MSIG melakukan pemalsuan polis kepada para nasabah dengan kerugian yang ditaksir mencapai Rp200 miliar. Kini, ia tengah menjalani masa hukuman, setelah dipidana dengan hukuman penjara 4 tahun 6 bulan dan denda Rp100 miliar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*