Sindir Prabowo, JK: Beli Pesawat Bekas Rp1 T Pantas Gak?

Sindir Prabowo, JK: Beli Pesawat Bekas Rp1 T Pantas Gak?

Wakil Presiden RI 2014-2019, H.M. Jusuf Kalla dalam acara CNBC Indonesia Award 2020 dengan tema Menyongsong Bangkitnya Ekonomi Indonesia 2021. (Tangkapan layar CNBC TV)

Pengusaha nasional Jusuf Kalla yang juga merupakan mantan wakil presiden mempertanyakan pembelian alutsista oleh Kementerian Pertahanan yang dipimpin Prabowo Subianto.

Ini sejalan dengan pernyataan Anies Baswedan, calon presiden nomor urut 1 dalam debat sebelumnya. Di mana alutsista dibeli menggunakan utang, ternyata merupakan barang bekas.

“Sebenarnya bukan hanya bekas, berapa harga bekas itu. itu hal yang berbeda,” kata JK dikutip dari youtube CNN Indonesia, Jumat (12/1/2024)

“Kalau ini kan harganya kira-kira Rp 12 triliun, 12 pesawat, rata-rata saja Rp 1 triliun 1 pesawat. Pesawat umurnya 25 tahun. Pertanyaan banyak pihak pantas gak harga itu”,” ungkap JK.

Belasan tahun https://38.180.14.226/ berada di pemerintahan, JK mengatakan pembelian barang bekas bukan saja pertama kali. Hanya saja lebih murah dari anggaran yang dikeluarkan sekarang.

“Berapa harga bekas itu. Saya kira, pemerintah tidak satu kali ini beli barang bekas, tapi selalu murah, murah sekali. Apalagi sudah tua. Itu pertanyaannya sebenarnya,” terang JK.

JK sendiri belajar cukup banyak soal pesawat. Logikanya barang dengan usia tua bisa didapatkan dengan harga lebih murah.

“Saya juga ada pesawat, jadi saya ngerti pesawat itu. Jadi pesawat itu diukur umurnya. . Karena umur berpengaruh ke teknologi, kalau umur 25 tahun itu tek 25 tahun lalu.┬áKalau lebih baru pasti teknologi baru. Jam terbangnya berapa. semua ada aturannya kira-kira,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*