Login Google Sekarang Tak Butuh Password, Ini Caranya

gmail

Google punya teknologi password terbaru bernama passkeys. Dengan passkeys pengguna bisa login ke akun Google-nya tanpa menggunakan password.

Passkeys baru bisa digunakan pada perangkat yang sudah melalui proses autentikasi. Selanjutnya autentikasi¬†tersebut berfungsi menjadi “kunci” untuk login akun Google di perangkat lain.

Google menilai teknologi ini lebih aman dan menjadi alternatif password yang lebih nyaman untuk pengguna, ketimbang harus repot mengetik password. Standar ini diinisiasi oleh sejumlah perusahaan besar seperti Google, Apple, Microsoft, dan lainnya dalam FIDO Alliance.

“Tahun lalu, bersama FIDO Alliance, Apple, dan Microsoft – kami mengumumkan bahwa kami akan mulai bekerja untuk mendukung kunci sandi di platform kami sebagai alternatif kata sandi yang lebih mudah dan aman. Dan hari ini, menjelang Hari Kata Sandi Sedunia, kami telah mulai meluncurkan dukungan untuk kunci sandi di seluruh Akun Google di semua platform utama,” tulis Google dalam blognya, dikutip Jumat(5/5/2023).

Fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk login ke akun Google menggunakan sidik jari, pengenalan wajah, PIN atau kunci keamanan lain yang ada diperangkat yang digunakan.

“Dan, tidak seperti kata sandi, kunci sandi tahan terhadap serangan online seperti phishing, menjadikannya lebih aman daripada hal-hal seperti kode sekali pakai SMS,” kata Google menegaskan.

Cara menggunakan Passkeys

Cara menggunakan passkeys cukup mudah. Anda hanya perlu buka alamat g.co/passkeys di browser HP atau perangkat tablet.

Setelah membuka passkeys di browser akan muncul tulisan “Gunakan kunci sandi Anda untuk mengonfirmasi bahwa ini memang Anda.” “Perangkat akan meminta sidik jari, wajah, atau kunci layar.”

Di sini Anda perlu melakukan konfirmasi jika yang masuk ke akun Gmail tersebut memang benar Anda.

Anda bisa klik tombol “Lanjutkan” di sebelah kanan bawah. Seperti yang sudah disebutkan, untuk bisa menggunakan Passkey Anda sudah lebih dulu mengaktifkan autentikasi¬†di perangkat milik Anda, seperti sidik jari atau PIN.

Setelah konfirmasi dengan sistem keamanan di perangkat, pengaturan Passkey sudah selesai dinyalakan.

Untuk akun Google Workspace, administrator akan segera memiliki opsi untuk mengaktifkan kunci sandi bagi pengguna akhir mereka selama login.

Seperti fitur baru lainnya, perubahan kunci sandi akan memakan waktu. Itu sebabnya sandi dan Verifikasi 2 Langkah akan tetap berfungsi untuk Akun Google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*