Ecommerce Raksasa PHK Ribuan Karyawan, Lepas Bisnis Logistik

The logo of Shopify is seen outside its headquarters in Ottawa, Ontario, Canada, September 28, 2018. REUTERS/Chris Wattie

Raksasa e-commerce asal Kanada, Shopify, melakukan PHK yang berdampak pada 20% karyawannya. Pengumuman ini disampaikan bertepatan dengan laporan Q1 2023 perusahaan.

Saham Shopify naik 23% usai pengumuman tersebut, dikutip dari CNBC International, Jumat (5/5/2023).

CEO Tobi Lutke mengumumkan PHK melalui sebuah memo yang terpampang di situs resmi perusahaan. Ia tak merinci unit mana yang bakal dipangkas.

“Saya sadar keputusan ini akan memiliki dampak buruk bagi sebagian dari kalian, dan ini merupakan langkah yang berat bagi saya,” kata Lutke.

Hingga 31 Desember 2022, Shopify memiliki 11.600 karyawan dan kontraktor. Ini bukan kali pertama raksasa e-commerce ini melakukan PHK. Sebelumnya, pada Juli 2022, Shopify memangkas 10% karyawannya.

Ke depan, Lutke mengatakan Shopify bakal lebih ramping dan fokus ke bisnis inti, yakni membuat tool bagi perusahaan untuk menjual produk mereka di ranah online.

Secara terpisah, Lutke juga mengatakan akan melepas unit logistik miliknya ke Flexport. Unit yang dilepas termasuk Deliverr, yakni perusahaan yang diakuisisi Shopify pada Mei lalu senilai US$ 2,1 miliar.

Selain melepas bisnis logistik, Shopify juga akan menjual 6 River System, yakni gudang bertenaga robot yang diakuisisi pada 2019 lalu senilai US$ 450 juta.

Unit tersebut akan dijual ke perusahaan ritel berbasis Inggris, Ocado. Kesepakatan penjualan unit bisnis ke Flexport dan Ocado belum diungkap.

Langkah ini mengakhiri berbagai upaya Shopify selama bertahun-tahun untuk membangun bisnis logistiknya sendiri. Lutke mengatakan upayanya selama ini tak sia-sia, namun harus berganti fokus demi kelangsungan bisnisnya.

Selain memprioritaskan software e-commerce, Shopify juga ke depannya akan fokus pada teknologi kecerdasan buatan (AI).

“Shopify memiliki privilese sebagai salah satu perusahaan yang berkesempatan mengembangkan AI untuk membantu pelanggan kami,” kata Lutke.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*