Breaking News! Jepang Diguncang Gempa, Magnitudo 6,3

Ilustrasi gempa (Getty Images/iStockphoto/Petrovich9)

Gempa dengan magnitudo 6,3 melanda Jepang, Jumat (5/5/2023). Gempa terjadi di wilayah Ishikawa pukul 14:42 waktu setempat. dengan kedalaman 10 kilometer (km).

Ini memaksa penangguhan layanan kereta cepat di seluruh negeri, saat penduduk tengah mendapat hari libur “Golden Week”. Di antaranya layanan Shinkansen ditangguhkan di Nagano dan Kanazawa, tujuan wisata populer.

“Tidak ada laporan segera tentang kematian atau kerusakan,” tulis AFP.“Peringatan tsunami tidak diumumkan,” tambah media itu.

Sementara itu, survei geologi Amerika Serikat (AS) menyebutkan kekuatan gempa terjadi di lepas pantai. tetapi Badan Meteorologi Jepang menempatkan pusat gempa di darat.

Gempa bumi biasa terjadi di Jepang, yang terletak di “Cincin Api” Pasifik, busur aktivitas seismik intens yang membentang melalui Asia Tenggara dan melintasi cekungan Pasifik. Tetapi Jepang memiliki peraturan konstruksi yang ketat yang dimaksudkan untuk memastikan bangunan dapat menahan gempa kuat dan secara rutin mengadakan latihan darurat untuk bersiap menghadapi goncangan besar.

Sebelumnya, gempa dental magnitudo 6,9 pernah melanda sebuah desa nelayan di semenanjung Noto di wilayah yang sama pada tahun 2007. Ini melukai ratusan orang dan merusak lebih dari 200 bangunan.

Semenanjung Noto adalah daerah pedesaan di pesisir Laut Jepang yang terkenal dengan pemandangan alam dan makanan lautnya. Populasi semenanjung itu sekitar 340.000, menurut data sensus 2015.

Jepang sempat digoyang gempa bawah laut dengan magnitudo 9,0 di timur laut Jepang pada Maret 2011. Ini memicu tsunami yang menyebabkan sekitar 18.500 orang tewas atau hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*