Bendera Merah Putih Terbalik: RI Protes, Kamboja Minta Maaf

Pesta Olahraga Asia Tenggara - Upacara Pembukaan - Stadion Nasional Morodok Techo, Phnom Penh, Kamboja - 5 Mei 2023 Para pengisi acara membawa bendera negara peserta selama upacara pembukaan. (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)

– Insiden bendera Merah Putih terbalik mewarnai pembukaan SEA Games 2023 di Kamboja. Hal tersebut langsung diprotes oleh Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia).

Dalam upacara pembukaan SEA Games 2023 yang ditayangkan secara langsung di akun YouTube Press Office of The Council of Ministers Cambodia tersebut, terlihat bendera Indonesia yang dibawa terpasang terbalik sehingga menjadi mirip seperti bendera Polandia.

Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal NOC Indonesia Harry Warganegara mengatakan panitia penyelenggara langsung bergerak cepat merespons kejadian tersebut. Mereka disebut telah meminta maaf kepada Indonesia.

“Kamboja sudah meminta maaf secara langsung kepada kami, dan bertindak cepat sehingga kejadian tersebut tidak terulang di opening ceremony,” ujar Harry, Jumat (5/5/2023), sebagaimana dikutip dari┬áCNN Indonesia.

Saat mengetahui ada kesalahan, NOC Indonesia langsung mengirimkan keberatan secara resmi melalui surat bernomor 5.5.2/NOC-INA/SET/2023 tertanggal 5 Mei yang ditandatangani Harry Warganegara kepada Sekretaris Jenderal NOC Kamboja dan CEO CAMSOC Vath Chamroeun.

“NOC Indonesia secara resmi menyampaikan keberatan kepada CAMSOC yang salah memasang bendera Indonesia dengan benar sebelum dimulainya Opening Ceremony 32th SEA Games 2023 di Stadion Morodok Techno National Stadium, Phnom Phen,” kata Harry dalam surat tersebut.

“Penempatan bendera kami yang terbalik tidak dapat diterima karena kami telah memberi tahu CAMSOC berkaitan dengan pemasangan bendera Indonesia yang telah disetujui sebelumnya. Kami berharap ada perbaikan yang dilakukan pada Opening Ceremony dan menanti tindakan cepat Anda.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*